Friday, April 19, 2013

Terus Gue Harus Dandan Gitu???

Setahun yang lalu, chacha belum paham betul kenapa kita, terutama cewek, kok pada dandan. Sehari-hari ya, yang penting gak keliatan kalau belum mandi gitu.... jadi abah ma mama gak malu punya anak chacha gitu... Tapi suatu hari, seseorang memboyong chacha ke salon tempat dia belajar makeup. Katanya dia butuh model yang matanya kecil. Tadinya chacha sempet ogah-ogahan karena menurut chacha, mata chacha udah cukup indah syahrini pun ternganga... Tapi setelah memohon, meminta, guling-guling, sujud-sujud, sampe bakar menyan tetangga, akhirnya chacha merelakan sedikit waktu yang amat berharga untuk pergi ke sana. 

Sesampainya di sana, kami disambut banci yang kekar. Kenapa jarang sekali chacha nemu cowok tulen yang kekar. Itu kasus lain. Dan oh teryata, dia adalah sang guru makeup. Chacha didudukkan dan dianalisis wajahnya, katanya biar bisa dikoreksi... krik krik krik... Dia pun memulai rentetan komennya:

Banci Kekar: "Matanya kanan kiri beda ya?"
Hati Chacha: "Mosok???"
Banci Kekar: "Ini alisnya juga beda..."
Hati Chacha: "Haaa?"
Banci Kekar: "Alisnya berantakan sekali..."
Hati Chacha: "Apaaa?"
Banci Kekar: "Hidungnya kecil tapi gemuk di bagian sampingnya"
Hati Chacha: "???"
Banci Kekar: "Dagunya kurang tegas...."
Hati Chacha: " -__- "
Banci Kekar: "Ini pipinya ketembeman"
Hati Chacha: " TT_TT . Terus abah mama bohong gitu waktu bilang chacha cantik???"

Komen-komen itu bikin chacha terpaku di kursi salon, marah pada hidung yang ngeyel disuru diet. Orang yang ngeboyong chacha ke sana ngangguk-ngangguk aja sehingga memantapkan keinginan chacha untuk ngeluarin kapak. Namun apa daya? Kapaknya lagi dipinjem ama wiro sableng.

Banci kekar pun mulai memangkas alis chacha yang kemudian menghasilkan alis a la penyihir di film-film Disney. Sang murid pun mulai menjejalkan berbagai produk makeup ke muka chacha dan tiba-tiba...

Banci Kekar: "Ini kelopak matanya dia kecil, jadi perlu pake selotip"
Hati Chacha: "Selotipin aja mulut anda TT_TT"

Dia pun memotong selotip itu sedemikian rupa terus ditempelin deh ke mata chacha. Hasilnya? Kelopak mata chacha membesar dan muka chacha kayak abis makan cabe sekilo. Wajah shock. Ya iyalah, orang matanya dipaksa gedhe ya jadinya kayak ekspresi shock.
Makeup takhenti-hentinya dilapis-lapisin ke muka chacha. Yang nyebelin adalah, dia gak berhenti komen soal 'kekurangan' di muka chacha dan cara memanipulasinya. Chacha suebel bukan main, tapi ya mau gimana? Mau pulang sendirian, gak bawa uang buat bayar taksi :'D

Setelah selesai, banci kekar berkomentar betapa cantiknya chacha. Begitu juga sang murid yang dandani chacha. Tapi waktu menatap kaca, chacha pengen nangis. Itu bukan chacha. Mata besar, wajah tirus, alis tebal, hidung langsing dan mancung. Itu bukan chacha. Dan chacha gak merasa chacha berubah jadi cantik. Chacha hanya bertransformasi menjadi orang lain. 

Chacha kecewa banget karena dulu chacha pengen sang murid untuk mendandani chacha ketika wisuda. Tapi setelah ngilmu di salon banci kekar, teori-teori dandanan seperti ini yang bikin gaya mendandaninya berubah. Chacha suka menggambar, jadi tau sedikit banyak soal teknik mewarnai. 

Maksudnya, kenapa gak menerapkan konsep mewarnai untuk memperindah kanvas polos tapi malah merubah bentuk kanvas? Kenapa gak menghormati wajah chacha yang seperti ini tapi malah bersikeras merubahnya menjadi wajah yang diinginkan?

Kalau melihat majalah high fashion, model yang berpose di sana juga punya keragaman fitur wajah. Kalau melihat artis di TV, mereka juga memiliki fitur wajah yang beragam dan itulah yang jadi keunikan mereka.

Dengan emosi jiwa membara chacha pulang ke rumah, menghapus total makeup chacha. dan mulai searching teknik-teknik memakai makeup dan video tutorial di Youtube. Apa yang chacha pelajari dan setujui adalah... Makeup artist sejati tahu kalau ini cuma makeup. Makeup digunakan untuk membuat orang fokus pada keindahan fitur wajah kita bukan mengubahnya. Makeup juga digunakan supaya wajah kita terlihat jelas di kamera atau panggung, ini biasanya digunakan untuk keperluan film, TV atau panggung. Makeup juga menjadi suatu bentuk karya seni dan teknik makeup yang digunakan pun berbeda. Intinya makeup gak usah disalahgunakan untuk menipu diri sendiri.

Selanjutnya chacha mempelajari berbagai teknik makeup yang keren dan justru membuat fitur wajah chacha menonjol bukannya ditutup-tutupin. Inilah beberapa makeup artist yang ternyata punya nama di hollywood dan tutorialnya amat membantu buat orang yang baru belajar:
Goss 

Terus gue harus dandan gitu? 
Kalau gak perlu, gak usah neng... :'D

No comments: